Minggu, 17 Januari 2021

nurul hartatik_sistem oprasi

 

Januari,17-2021

 

 

 Assalamualaikum saya Nurul Hartatik. mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Semester 3 Program Studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi.

 

                                                      RANGKUMAN

                           

                                                                   SISTEM OPRASI

Modul 1

SISTEM OPERASI

Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien.

Secara umum komponen sistem komputer terdiri dari :

1. Perangkat Keras, merupakan sumber daya utama untuk proses komputasi. Perangkat keras komputer terdiri dari : CPU, memory dan perangkat input output.

 2. Sistem Operasi, mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user- user yang berbeda.

3. Program Aplikasi, menentukan cara sumber daya sistem digunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi dari user, contohnya compiler, sistem basis data, video games, program bisnis dan lain-lain.

 4. User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain. Hubungan antara komponen-komponen sistem komputer diatas dapat dilihat pada Gambar.

FORMAT INSTRUKSI LINUX

 Instruksi Linux standar mempunyai format sebagai berikut :

 $ NamaInstruksi [pilihan] [argumen]

 Pilihan adalah option yang dimulai dengan tanda – (minus). Argumen dapat kosong,

satu atau beberapa argument (parameter).

 

 

MANUAL:

Linux menyediakan manual secara on-line.

 Beberapa kunci keyboard yang penting dalam menggunakan manual adalah :

 Tabel Kunci Keyboard Untuk Menggunakan manual

 

Modul 2

Struktur Linux

Linux tidak jauh beda dengan Unix yang merupakan suatu sistem operasi yang terstruktur, menyangkut sistem pada perangkat lunaknya maupun pada perangkat keras seperti ( terminal, Unit system, consol serta jalur komunikasi) Adapun struktur Linux yang menyangkut perangkat lunak antara lain :

Shell

 – Utilitas

 - Kernel

 - Aplikasi

Struktur Shell

 merupakan interpreter pada system linux. Shell berfungsi sebagai interface (antar muka) antara user dengan sistem linux. Adapun macam-macam shell yang terdapat pada sistem linux antara lain :

* korn shell( /bin/ksh)

 *Bourne Again Shell ( /bin/bash )

 * C Shell ( /bin/csh )

Struktur Utilitas adalah salah satu program yang sengaja disediakan linux untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Manajemen file dan security

 1. Pelayanan proses input out-put

 2. Manajemen memori

 3. Penanganan proses interupsi

4. Proses manajemen sistem dan penjadwalan

 5. Pelayanan jam sistem dan tanggal

 

Modul 3

Manajemen I/O

                                           INPUT => PROSES => OUTPUT

Instruksi (command) yang diberikan pada Linux melalui Shell disebut sebagai eksekusi program yang sela njutnya disebut proses. Setiap kali instruksi diberikan, maka Linux kernel akan menciptakan sebuah proses dengan memberikan nomor PID (Process Identity). Proses dalam Linux selalu membutuhkan Input dan menghasilkan suatu Output. Dalam konteks Linux input/o utput adalah :

Keyboard (input)

• Layar (output)

• Files • Struktur data kernel

• Peralatan I/O lainnya (misalnya Network)

Manajemen Memori

Linux mengimplementasikan sistem virtual memory demand-paged. Proses mempunyai besar memory virtual yang besar (4 gigabyte). Pada virtual memory dilakukan transfer page antara disk dan memory fisik.

Modul 4

KONSEP PROSES DI LINUX

Setiap kali intruksi diberikan pada linux sell, maka kemel akan menciptakan sebuah proses id. Proses ini disebut juga dengan terminilogy Unix : sebagai sebuah Job. Proses id (PID) di mulai dari 0, yaitu proses “INK”, kemudian diikuti oleh proses berikutnya (terdaftar pada /etc/ inittab).

Beberapa tipe proses :

• Foreground Proses yang didapatkan oleh pemakai langsung pada terminal (interaksi dialog).

• Batch Proses yang dikumpulkan dan dijalankan secara sekuensial (satu persatu) Prose Batch tidak diasosiasikan (berinteraksi) dengan terminal.

• Daemon Proses yang menunggu permintaan (request) dari proses lainnya dan menjalankan tugas sesuai dengan permintaan tersebut. Bila tidak ada request, maka program ini akan berada dalam kondisi “idle” dan tidak menggunakan waktu hitung CPU. Umumnya nama proses daemon di UNIX berakhiran d, misalnya inetd, named, popd, dll.

SINYAL

Proses dapat mengirim dan menerima sinyal dan ke posisi lainnya. Proses mengirim sinyal melalui intruksi “kill” dengan format

$kill [ -nomor sinyal] [nomor PID]

MENGIRIM SINYAL

Mengirim sinyal adalah satu alat komunikasi antar proses, yaitu memberitahukan proses yang sedang berjalan bahwa ada sesuatu yang harus dikendalikan. Berdasarkan sinyal yang dikirim ini maka proses dapat berinteraksi dan administrator/programmer dapat menentukan reaksi tersebut. Mengirim sinyal menggunakan intruksi.

$Kill [-nomor sinyal] [nomor PID]

 

Modul 5

 

Manajemen File

File merupakan kumpulan data atau informasi yang saling berhubungan. Sistem operasi Linux mempunyai manajemen file berbentuk seperti piramida. Membentuk tingkatan struktur file seperti pohon silsilah keluarga. Struktur ini memudahkan pengguna Linux untuk mengelola berbagai file.

Manajemen Disk

Manajemen disk merupakan sarana penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan data, file dan informasi secara permanen dalam suatu sistem komputer. Media disk berada satu tingkat dibawah memori utama dalam hirarki memori. Media disk berbeda sekali dengan memori utama komputer karena tidak mempunyai hubungan langsung dengan prosesor komputer. Linux mensupport berbagai file system diantaranya adalah :

1. Ext2

 2. Ext3

 3. Ext4

 

Modul 6

Sistem operasi tersebar adalah sebuah sistem yang komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berinteraksi dan melakukan komunikasi/koordinasi pengiriman pesan. hanya dengan Sistem operasi terdistribusi adalah salah satu implementasi sistem operasi tersebar, dimana sekumpulan komputer dan prosesor yang terhubung dalam satu jaringan. Koleksikoleksi dari objek-objek ini secara tertutup bekerja secara bersama-sama untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan hasil secara lebih, terutama dalam:

$ File system

$ Name space

$ Waktu pengolahan

$ Keamanan Akses ke seluruh resources

 

 

 

 

 

Jumat, 15 Januari 2021

Rangkuman pratikum pemograman berbasis web

 Januari 16,2021



 

 Assalamualaikum saya Nurul Hartatik. mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Semester 3 Program Studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi.

                             

                                                     RANGKUMAN


                                       PEMOGRAMAN BERBASIS WEB 

MODUL 1

                   Modul ini kita mencoba mebuat web dengan HTML. HTML adalah, (Hypertext Markup Language) sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel.

DTD

           Sebagai standar versi dokumen W3C yaitu suatu deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut. 

Contoh DTD pada HTML versi 4: 

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C/IDTD HTML 4.01 Transitional/lEN" ''http://www.w3.orglTRlhtml4/loose.dtd">

Meta Dokumen

Elemen meta sebagai identitas dari halaman web yang bias a terdiri dari owner, keyword, layout, ataupun inisialisasi proses seperti refresh. 

Contoh: 

                    <meta http-equiv="Content-Type" content="text!html; charset=UTF-8" />

<meta name="keywords" content="blog, web development, indonesia, html, css" I> • <meta name="description" content="Tentang dasar-dasar HTML" />

MODUL 2

Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalams ebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemrograman.

Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).

Sejarah CSS

Nama CSS didapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan, yang kemudian membentuk hubungan ayah-anak (parent-child) pada setiap style. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C padatahun 1996. Setelah CSS distandarisasikan, Internet Explorer dan Netscape melepas browser terbaru mereka yang telah sesuai atau paling tidak hampir mendekati dengan standar CSS.

MODUL 3

Javascript adalah bahasa scrip yang ditempel pada kode HTML dan diproses disisi klient. Dengan adanya bahasa ini, kemampuan HTML menjadi semakin luas. Contoh: untuk menvalidasi masukan pada formulir sebelum formulir dikirim ke server.

Javascript bukan bahasa java dan merupakan dua bahasa yang berbeda. Javascript diinterpretasikan oleh klient, sedang java dikompilasi oleh program dan hasil kompilasinya dijalankan oleh clien.

Struktur Javascript

<script language=”javascript”>

<!—

Penulisanjavascriptkode

//-->

</script>

Keterangan <!--//--> umumnya disertakan dengan tujuan agar sekiranya browser tidak mengenali javascript maka browser akan memperlakukannya sebagai komentar sehingga tidak di tampilkan dijendela browser.

Letak javascript dalam HTML

Skrip javascript dalam dokumen HTML dapat diletakkan pada:

1. Bagian head

2. Bagian body


MODUL 4

PHP (preprocessor Hypertext) adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja berupa HTML. Untuk membedakan perintah HTML dan PHP digunakan tanda atau PHP dapat diaplikasikan dengan berbagai macam database, seperti MySQL, PostgreSQL,, Oracle, dan lannya.

Beberapa script dasar PHP

• Menampilkan text

Echo”..text…”

: ganti baris

• Variable

 - Untuk membuat variable diberi tanda dollar ($). Variable berfungsi untuk menyimpan suatu nilai dan dapat berubah-ubah. Penulisan variable yang benar adalah :

 - Karakter pertama tidak boleh berupa angka (harus berupa huruf atau garis bawah)

 - Tidak mengandung spasi

 - Pemakaian huruf capital dan huruf kecil dibedakan

Contoh penulisan variable :

$data, $data1, $data_ku

MODUL 5

Langkah-langkah koneksi PHP-MySQL

1. Membuka koneksi ke server MySQL

mysql_connect()

Digunakan untuk melakukan uji  dan koneksi kepada server database MySQL.

Sintaks :


2. Memilih database yang akan digunakan di server

mysql_select_db()

Digunakan untuk melakukan koneksi kepada database yang dalam server yang berhasil dikoneksi dengan perintah mysql_connect().

Sintaks :

$db : berisi status koneksi kepada database.

$conn : merupakan koneksi kepada server database yang berhasil.

namadatabase : adalah nama database yang akan dikenai proses.

3. Mengambil sebuah query dari sebuah database.

mysql_query()

Digunakan untuk melakukan eksekusi perintah SQL untuk memanipulasi database yang berhasil dilakukan koneksinya menggunakan mysql_select_db().

Sintaks :


$hasil : akan berupa record set apabila SQL Statement berupa 

perintah select.

Contoh SQL Statement : ”SELECT * FROM MAHASISWA ORDER BY NIM”

4. Mengambil record dari database

a. mysql_fetch_array()

Digunakan untuk melakukan pemrosesan hasil query yang dilakukan dengan perintah mysql_query(), dan memasukkannya ke dalam array asosiatif, array numeris atau keduanya.

Sintaks :


$row : adalah array satu record dari record $hasil yang diproses nomor record sesuai dengan nomor urut dari proses mysql_fetch_array yang sedang dilakukan.

$hasil : adalah record set yang akan diproses.

b. mysql_fetch_assoc()

Fungsi ini hampir sama dengan fungsi mysql_fetch_array(), hanya saja array yang dihasilkan hanya array asosiatif.

Sintaks :



c.  mysql_fetch_row()

Fungsi ini hampir sama dengan fungsi mysql_fetch_array(), hanya saja array yang dihasilkan hanya array numeris.

Sintaks :


d. mysql_num_rows()

Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah record yang ada pada database.

Sintaks :



MODUL 6

jQuery Mobile adalah framework berbasis jQuery yang memudahkan kita untuk membuat web app untuk mobile. Selain jQuery mobile sebenarnya banyak frame work lain yang dapat digunakan seperti Sencha, jTouch, DHTMLX Touch, Jo dan lainnya.

Kelebihan jQuery adalah:

1. Support banyak platform: Webkit (Android, iOS, Opera, Chrome), Firefox mobile, Windows Phone, Blackberry, Bada, Meego.

 2. Berbasis JQuery yang popular.

 3. Penggunaanya banyak dan forum aktif.

jQuery mobile menyediakan komponen UI widget seperti button, listview, header dan elemen form dan navigasi. Kode ini dibangun oleh jQuery dan terus dikembangkan oleh pengembangnya secara aktif untuk memperbaiki bug-bug yang ada diaplikasi ini. Banyak fitur yang ditawarkan dalam framework ini termasuk dukungan HTML5. Ajax-powered navigasi link, dan sentuhan/atau navigasi gesekan.




Selasa, 09 Juni 2020

Rangkuman Praktikum Basis Data

Assalamualaikum saya Nurul Hartatik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Semester 2 Program Studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi.







A.    Query
Query merupakan suatu proses pengolahan data yang digunakan untuk memberikan hasil dari basis data berdasarkan kriteria tertentu. Query tidak hanya membaca atau mengambil data, query biasanya melibatkan beberapa tabel yang direlasikan dengan menggunakan field kunci. Namun query juga dapat digunakan pada satu tabel saja, tetapi hasilnya kurang informatif dan terbatas.

  1. Aturan dalam melakukan query antar tabel :
a.      Setiap field disebutkan bersama dengan nama tabelnya, dipisahkan tanda titik (.).
Syntax : Namatabel.namafield.
Contoh : buku.kode_buku artinya field kode_buku dari tabel buku.
b.     Setiap tabel yang terlibat dalam proses query harus disebutkan dalam klausa FROM, dengan pemisah koma (,).Dimana urutan tabel tidak mempengaruhi proses query.
Contoh : FROM buku, anggota.
c.      Kondisi dalam klausa WHERE mempengaruhi jenis join yang tercipta.

  1. Jenis-jenis join pada query :
a.      Operator Cross Join
Operator ini berguna untuk melakukan operasi penggabungan dengan perkalian kartesain. Namun penggabungan jenis ini jarang digunakan karena tidak menghasilkan nilai informasi yang efektif.
Contoh :
select * from buku CROSS JOIN bagian LIMIT 5;
A.  Pemahaman Hak Akses
Basis data yang telah dibuat perlu diatur agar data selalu dalam keadaan aman dari pemakai yang tidak berhak. Pengaturan hak akses berguna dalam hal pembatasan pengaksesan suatu data, misalkan hanya pemakai tertentu yang bisa membaca atau pemakai lain yang justru dapat melakukan perubahan dan penghapusan data.

Macam-macam perintah yang terkait dengan hak akses adalah SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, REFERENCES, INDEX, CREATE, ALTER dan DROP.

B.  Mengatur Hak Akses
Untul MySQL versi 3.22. keatas dalam manajemen user dapat menggunakan perintah GRANT dan REVOKE untuk mengatur hak akses pemakai (user).

1.     Perintah GRANT
Dipergunakan untuk membuat user baru dengan izin aksesnya.
Bentuk umum :
GRANT jenis_akses (``nama_kolom) ON nama_database TO nama_user IDENTIFIED BY ”nama_password” [WITH GRANT pilihan_akses]

Atau

GRANT hak_akses ON namatabel TO pemakai;

Dimana :
·       Hak_akses merupakan hak yang diberikan kepada pemakai berupa SELECT, INSERT saja atau keduanya. Bila hak akses lebih dari satu antar hak akses dipisahkan dengann koma (,).
·       Nama tabel, menyatakan nama tabel yang akan diakses dan diatur.
·       Pemakai, nama pemakai yang telah didaftarkan pada sistem database. Sejumlah pemakai bisa disebutkan dengan dipisahkan tanda koma (,).
Contoh :

Kamis, 14 Mei 2020

RANGKUMAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA








Assalamualaikum saya Nurul Hartatik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Semester 2 Program Studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi.




RANGKUMAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA 
Antrian adalah salah satu kumpulan data yang penambahan elemennya hanya bisa dilakukan pada suatu ujung (disebut sisi belakang atau REAR), dan penghapusan atau pengambilan elemen dilakukan lewat ujung yang lain (disebut sisi depan atau front).prinsipyang digunakan dalam antrian  ini adalah FIFO (First in first out) yaitu elemen yang pertama kali masuk akan keluar pertama kalinya. Karakteristik penting antrian sebagai berikut:
Elemen antrian yaitu item-item data terdapat dalam antrian.
a.         Heat/font (elemen terdepan dalam antrian).
b.         Tail/rear (elemen terakhir antrian).
c.         Jumlah antrian pada antrian (count).
d.         Status/kondisi antrian, ada dua yaitu:
- Penuh
Bila elemen pada antrian mencapai kapasitas maksimum antrian. Pada kondisi ini, tidak mungkin dilakuakan penambahan ke antrian. Penambahan di elemen menyebabkan kondisi kesalahan overflow.
-Kosong
Bila tidak ada elemen antrian. Pada kondisi ini, tidak mungkin dilakuakan pengambilan elemen antrian. Pengambilan elemen menyebabkan kondisi kesalahan underflow.
Representasi  queue :
•           Representasi statis
Queue dengan representasi statis biasasnya diimplementasikan dengan menngunakan array. Sebuah array memiliki tempat yang di alokasikan diawal sehingga sebuah elemen yang dimasukkan dalam sebuah array terbatas pada tempat yang ada pada array.
•           Representasi dinamis
Queue dengan representasi dinamis biasanya diimplementasikan dengan menggunakan pointer yang menunjuk pada elemen –elemen yang dialokasikan pada memori.





PENYAJIAN (TUTORIAL)
Fungsi rekursif adalah suatu fungsi yang memanggil dirinya sendiri, artinya fungsi tersebut dipanggil di dalam tubuh fungsi itu sendiri. Contoh menghitung nilai faktorial. Rekursif sangat memudahkan untuk memecahkan permasalahan yang kompleks. Sifat-sifat rekursif:
•           Dapat digunakan ketika inti dari masalah terjadi  berulang kali.
•           Sedikit lebih efisien dari iterasi tapi lebih elegan.
•           Method-methodnya dimungkinkan untuk memanggil dirinya sendiri.
Data yang berada dalam method tersebut seperti argument disimpan sementara ke dalam stack sampai method pemanggilnya diselesaikan.

PENYAJIAN (TUTORIAL)

Pengurutan data (sorting) didefinisikan sebagai suatu proses untuk menyusun kembali himpunan obyek menggunakan aturan tertentu. Ada dua macam urutan yang biasa digunakan dalam proses pengurutan yaitu:
         Urutan naik (ascending) yaitu dari data yang mempunyai nilai paling kecil sampai paling besar.
         Urutan turun (descending) yaitu dari data yang mempunyai nilai paling besar sampai paling kecil.
keuntungan dari data yang sudah dalam keadaan terurut yaitu :
         Data mudah dicari, mudah untuk dibetulkan,dihapus,disisipi atau digabungkan.
         Misalnya kamus bahasa,buku telepon.
Beberapa algoritma metode pengurutan dan prosedurnya sebagai berikut:
1.         Bubble sort
Bubble sort adalah suatu metode pengurutan yang membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen berikutnya. Apabila elemen sekarang>elemen berikutnya,maka posisinya ditukar.          Mempercepat proses pencarian data yang harus dilakukan berulang kali.
2.         selection sort
Metode seleksi melakukan pengurutan dengan cara mencari dta yang terkecil kemudian menukarnya dengan data yang digunakan sebagai acuan atau sering dinamakan pivot.
3.  merger sort
Algoritma merge sort ialah algoritma pengurutan yang berdasarkan pada strategi divide and conquer. Algoritma ini terdiri dari dua bagian utama, pembagian list yang diberikan untuk di-sort ke dalam beberapa sublist yang lebih kecil,dan sort (mengurutkan)  dan merge (menggabungkan) sublist-sublist yang lebih kecil ke dalam list hasil yang sudah diurutkan.


Minggu, 22 Desember 2019

Rangkuman Praktikum Sistem Digital

Assalamualaikum saya Nurul Hartatik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Semester 1 Program Studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi.


RANGKUMAN PRAKTIKUM
ALGORITMA & PEMROGRAMAN

MODUL 1
1.      Gerbang AND
Gerbang AND memerlukan 2 atau lebih masukan (input) untuk menghasilkan hanya satu keluaran (output). Gerbanh AND dan menghasilkan keluaran (output). Logika 1 jika semua masukan (input) bernilai logika 1 dan akan menghasilkan keluaran (output) logika 0 jika salah satu dari masukan (input) bernilai logika 0.
2.      Gerbang OR
Gerbang OR akan menghasilkan keluaran (output) 1 jika salah satu dari masukan (input) bernilai logika 1 dan jika ingin menghasilkan keluaran (output) logika 0, maka semua masukan (input) harus bernilai logika 0.
3.      Gerbang NOT(inverter)
Gerbang NOT disebut juga dengan inverter (pembalik) karena menghasilkan keluaran (output) yang berkeluaran (kebalikan) dengan masukan atau inputnya
4.      Gerbang NAND (Not And)
NAND adalah Not And atau bukan And, gerbang AND merupakan kombinasi dari gerbang And dan gerbang Not yang menghasilkan kebalikan dari keluaran (output) gerbang And.
5.      Gerbang NOR
NOR adalah Not Or atau bukan Or, gerbang NOR merupakan kombinasi dari gerbang Or dan gerbang Not yang menghasilkan kebalikan dari keluaran (output) gebang Or.
6.      Gerbang X-Or (Exclusive Or)
X-Or adalah singkatan dari Exclusive Or yang terdiri dari 2 masukan (input) dan 1 keluaran (output) logika.
7.      Gerbang X-Nor (exclusive Nor)
X-Nor adalah singkatan dari exclusive Nor dan merupakan Kombinasi dari Gerbang X-Nor dan Gerbang X-Or dan gerbang Not

MODUL 2 (Penyederhanaan Rangkaian Logika Menggunakan Include K-Map)
            K-Map 2 variabel
·         K-Map 2 variabel memiliki aksen, maka didalam table ditulis 0
·         Untuk setiap variabel yang tidak memiliki aksen, maka didalam tabel ditulis 1

MODUL 3 (Multilevel NAND dan NOR)
            Gerbang NAND
            Rangkaian asal gerbang Not dua buah gerbang And dan dua buah gerbang Or
            Gerbang NOR
            Rangkaian yang hanya membutuhkan dua buah IC saja yang terpakai semuanya (tidak
            mubajir atau terbuang)

MODUL 4 (Rangkaian Aritmatika Digital)
·         Rangkaian Adder (penjumlahan) adalah rangkaian elektronika digital yang digunakan untuk menjumlahkan dua buah angka (dalam system bilangan biner).
·         Half Adder adalah suatu rangkaian penjumlahan system bilangan biner yang paling sederhana
·         Half Subtractor adalah rangkaian subtractor yang paling sederhana

MODUL 5 (Enkoder dan Dekoder )
Gerbang logika Enkoder 4-2, sambungan terminal input dengan interactive input dan terminal input dengan led, jalankan program
·         Dekader adalah rangkaian gerbang logika 2-4
·         Enkoder adalah rangkaian logika kombinasionar yang berfungsi untuk mengubah atau mengkodekan suaatu sinyal masukan diskrit menjadi keluaran kode biner.

MODUL 6 (Multiplekser dan Demultiplekser)
·         Multiplekser merupakan komponen elektronika yang bisa memilih input (masukan) yang akan diteruskan ke bagian output.
·         Demultiplexer merupakan logika yang berfungsi menjalurkan data yang ada pada inputnya kesalah satu dari beberapa outputnya.

Minggu, 08 Desember 2019

Assalamualaikum saya Nurul Hartatik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Semester 1 Program Studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi.




RANGKUMAN PRAKTIKUM
ALGORITMA & PEMROGRAMAN



Nama : Nurul Hartatik
NIM    : 191080200043
Kelas   : 1A1

MODUL 1.


Setiap program c++ mempunyai bentuk umum seperti dibawah, yaitu :

1.      Include     
Adalah salah satu pengarah prepocessor directive yang tersedia pada c++  prepocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses kompilasi terjadi .
2.      Fungsi main ()
            Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program c++.main adalah nama judul fungsi.melihat bentuk seprti itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa batang tubuh program utama , utama, maka dapat dipastikan seorang pemrogram menggunakan minimal sebuah fungsi. Pembahasan lebih lanjut mengenai fungsi akan di terangkan kemudian. Yang sekarang coba ditekankan adalah kita menuliskan program utama kita di dalam sebuah fungsi main().
3.      Komentar
            Komentar tidak pernah di compiler. Dalam C++ terdapat 2 jenis komentar, yaitu :
Jenis 1 : /* Komentar anda di letakkan di dalam ini bisa mengapit lebih dari satu baris */
Jenis 2 : // Komentar anda diletakkan disini (hanya bisa perbaris)

4. Tanda Semicolon
            Tanda semicolon “ : “ digunakan untuk mengakhiri sebuah peryataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon.

5. Mengenal Cout ( dibaca : C out)
            Pernyataan cout merupakan sebuah objek di dalam C++, yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar)
Kesimpulan
            Dalam modul ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti tentang struktur dasar pemograman. Dan dapat mencobanya dengan mengikuti aturan dalam struktur dasar program itu sendiri


Modul 2.
(Struktur Pemrograman Pencabangan)
Struktur program pencabangan mempunyai dasar dasar yang harus dipahami seperti berikut :
1.     PENCABANGAN TUNGGAL : IF
2.     PENCABANGAN GANDA: IF-ELSE
3.     PENCABANGAN BERTINGKAT : IF-ELSE-IF
4.     KONDISI KOMBINATORIAL
Kesimpulan :
            Pemograman percabangan adalah salah pernyataan digunakan untuk mengambil keputusan terhadap satu atau beberapa kemungkinan di dalam Bahasa pemograman Java, dan Mahasiswa praktikum dapat mengerti bagaimana cara melakukan membuat program percabangan dengan baik dan benar

Modul 3.
(Struktur Pemrograman : Lompatan & Kalang)
Sebuah / kelompok intruksi diulang untuk jumlah pengulangan tertentu. Baik yang terdifinisikan sebelumnya ataupun tidak.
Struktur pengulangan terdiri atas dua bagian :
1. Kondisi pengulangan  yaitu  ekspresi  Boolean yang harus di penuhi untuk melaksanakan pengulangan.
2. Isi atau badan pengulangan yaitu satu atau lebih pernyataan (aksi) yang akan  diulang.
Perintah  atau notasi dalam struktur pengulangan  adalah :
1. Pernyataan while : Pernyataan while merupakan salah satu pernyataan yang berguna untuk 
                                    memproses suatu pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali.        

2. Pernyataan do…while : Pernyataan do while mirip seperti pernyataan while hanya saja pada do 
                                    while pernyataan yang terdapat didalamnya minimal akan sekali dieksekusi

3. Pernyataan for : Pernyataan for digunakan untuk menghasilkan pengulangan(looping) beberapa
                         kali tanpa penggunaan kondisi apapun

4.Pernyataan continue dan break : Pernyataan break akan selalu terlihat digunakan bila 
                                    menggunakan pernyataan switch. Pernyataan ini juga digunakan dalam loop

5.Pernyataan go to : Pernyataan go to diperlukan untuk melakukan suatu lompatan ke suatu 
                                    pernyataan berlabel yang ditandai dengan tanda " : "

Kesimpulan
            Dari modul ini mempelajari tentang struktur pemograman lompatan & kalang. Dan mahasiswa praktikum dapat melakukan lompatan dan kalang pada sebuah program yang akan dibuat sesuai dengan tata cara yang benar sesuai modul yang telah di ajarkan pada praktikum.


MODUL 4.

1.       TABEL KUADRAT
Menggunakan fungsi setw untuk  membuat tampilan dalam rata kanan dengan lebar ditentukan oleh nilai yang ada dalam kurung
2.      Memutuskan : BREAK & CONTINUE
Break berfungsi mengeluarkan eksekusi compiler dari struktur program setelah suatu kondisi tertentu dipenuhi. Dan Continue berfungsi melanjutkan eksekusi compiler ke blok selanjutnya setelah suatu kondisi tertentu dipenuhi.
3.      Tabel sinus
Dengan struktur yang serupa (namun tak sama) memakai DO-WHILE, buatlah tabel konversi suhu dari Celcius ke Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin, mulai dari suhu 0°C sampai 100°C dengan langkah 5°C. Tampilannya kurang lebih sebagai berikut :
-----------------------------
C         F              R            K
0          32.0          0.0         273.25
5          41.0          4.0         278.25
10        50.0          8.0         283.25
95        203.0        76.0       368.25
100      212.0        80.0       373.25

4.      Metode numeris : Bisection
fungsi setprecision() berfungsi mengatur jumlah digit pecahan yang akan ditampilkan/ banyaknya angka decimal
Fungsi ios::fixed dan ios::scientific ?
·         ios::fixed berfungsi memformat keluaran dalam bentuk notasi desimal
·         ios::scientific berfungsi memformat keluaran dalam bentuk notasi eksponensial
apafungsi dari fabs() ?
·         fabs() berfungsi menghentikan iterasi yC setelah memenuhi kondisi yang ditetapkan.


MODUL 5
1.      strlen()             = Bentuk format strlen(const char *s)
   Fungsi menghitung panjang string s
strcpy()            = Bentuk format strcpy(char *dest, const char *src)
   Fungsi mengkopi string src ke dest
strcat()             = Bentuk format strcat (char*dest, const char*src)
   Fungsi menambahkan kopian src ke bagian akhir dest
strcmp()           = Bentuk format strcmp(const char*s1, const char*s2)
   Fungsi melakukan perbandingan s1 dengan s2
strcspn()          = Bentuk format strcspn (const char *s1, const char *s2)
   Fungsi menemukan bagian awal string s1 yang mengandung s2
strupr()            = Bentuk format strupr(const char *s)
   Fungsi mengubah string menjadi huruf KAPITAL (uppercase)
strlwr()            = Bentuk format strlwr(const char *s)
   Fungsi mengubah string menjadi huruf biasa/kecil (lowercase)
strrev()             = Bentuk format strrev(const char *s)
   Fungsi membalik semua karakter string, jadi huruf terakhir menjadi awal
strset()             = Bentuk format strset(const char *s, int ch)
   Fungsi menset semua karakter dalam s ke ch

MODUL 6
1.      Fungsi untuk memotong motong program
2.      Fungsi untuk mengisi dan menampilkan matriks
Memodifikasi program untuk dapat mengisi dan menampilkan matriks B dengan ukuran yang sama, serta matriks C yang merupakan penjumlahan antara A dan B
3.      Fungsi dengan nilai kembalian (freturn value) : Bisection
4.      Program Konversi Suhu
5.      Sekup Vaiabel di dalam fungsi
6.      Pelewatan Paramater pada pemanggilan fungsi
7.      Overloading, pendefinisian funsi dengan nama sama
8.      Nilai devault pada parameter fungsi
9.      Fungsi penukaran dua buah variable
10.  Menuliskan ke file teks
11  Membaca darifile teks

Sekian rangkuman yang bisa saya ambil dari praktikum algoritma dan pemrograman semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua apabila ada salah salah kata dan tulisan dalam blog ini saya meminta maaf sebesar besarnya sekian terima kasih Wassalamualaikum wr.wb